Pantai Klayar, “Tanah Lot”nya Pacitan


Sob, kampung halaman saya (Pacitan) ini sedang berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan untuk berwisata di pacitan yang menawarkan keindahan alam yang masih sangat perawan dan alami untuk dikunjungi. Untuk itu biarlah saya dapat berbagi tentang salah satu obyek wisata yang sedang naik daun di Pacitan. Kota kecil ini dikenal dengan Julukannya Kota 1001 Goa. Walaupun julukan itu membuat Pacitan identik dengan keberadaan Goa, yaitu Goa Gong yang saya ulas di artikel lain, Tabuhan, Putri, Luweng Jaran tetapi Pacitan juga menawarkan eksotisme pantainya. Selain Pantai Teleng Ria yang berada di dekat pusat kota yang sangat mudah diakses, masih banyak pantai di Pacitan yang menawarkan keindahan khas pantai selatan jawa, salah satunya adalah Pantai Klayar yang terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang kebetulan dekat dengan rumah orang tua saya (tapi ga sedekat banget juga).

Pantai Klayar dari Atas Bukit

Pantai Klayar dari Atas Bukit

Sedikit info yang saya pernah terima, Pantai Klayar sendiri berasal dari kata “klayar-kluyur” yang artinya jalan-jalan. Mungkin dikarenakan pantai ini menjadi tujuan dari orang yang ingin berlibur atau jalan-jalan. Lokasinya berjarak sekitar 35 kilometer ke arah barat dari kota Pacitan. Kecamatan Donorojo sendiri adalah Kecamatan yang menjadi pintu masuk Pacitan dari arah Solo dan Yogjakarta. Jadi Pantai ini berada di pinggiran kawasan Pacitan, tapi dekat dari akses transportasi yang berasal dari Solo dan Yogjakarta.

Kalau boleh saya bilang, panorama khas pantai-pantai di pesisir selatan Pacitan adalah pantai dengan ombak yang tinggi khas dari Samudera Hindia yang terus-menerus menggerus tebing kapur (karst) yang berjajar membentang dipesisir pantai. Komposisi laut samudera hindia dan wilayah karst inilah yang membentuk batuan-batuan eksotis yang berada di tepi pantai. Itulah yang Sobat dapat temukan di Pantai Klayar. Tebing batu kapur dengan kemiringan tajam seperti menjenguk laut, memerhatikan dengan seksama lidah-lidah ombak berkejaran di pasir yang lembut. Tebing kapur di sisi kanan dan kiri pantai, yang satu berwarna gelap, dan satunya lagi kehijauan mirip sebuah tower penjaga. di antaranya batu karang besar menyembul dari perairan dangkal dan akan mengingatkan anda dengan eksotisme Tanah Lot di Bali. Serius, cakep sob.

Seruling Laut

Gimana, Mirip Tanah Lot Kan?

Salah satu keunikan pantai Klayar adalah terkadang terdengar suara lengkingan unik seperti seruling yang mencabik-cabik udara, nah inilah yang dasyat, namanya seruling laut. Setelah saya sempat perhatikan, ternyata batu karang penjaga pantai itulah tersangka peniup serulingnya. Saat angin berembus melewati celah-celah sempit permukaan karang, berbelok arahnya dengan kekuatan yang tepat, maka timbulah bunyi lengkingan yang mendayu-dayu, sesekali berhenti, lalu berlanjut kembali, mistis sekali sob.

Air Mancur Laut

Seruling Laut Pantai Klayar

 Pantai Klayar masih menyisakan fenomena alam lain yang sempat membuat saya berdecak kagum sob, fenomena itu adalah air mancur laut. Air mancur itu terbentuk dari gigisan abrasi yang menjebak air pasang ke dalam celah karang yang tersembunyi di dalam air. Tekanan ombak diteruskan oleh air sehingga menekan sebagiannya membentuk air mancur tegak lurus melewati celah kecil di bagian atas permukaan karang. Ajaib sob, ketinggian air mancur laut itu bisa mencapai sepuluh meter dan menimbulkan gerimis rintik rintik yang syahdu. Penduduk setempat meyakini gerimis itu berkhasiat sebagai obat awet muda, entah nyambungnya dimana, saya juga kurang tahu kebenaran dari mitos ini.

Patung Sphinx alami

Patung Sphinx Pantai Klayar

Nah yang bener ini sob? Biar saya jelaskan dulu. yang bikin mirip Patung Sphinx ini sebenarnya adalah pulau-pulau karang berkontur menghiasi permukaan Pantai Klayar yang selalu setiap saat tergerus oleh kerasnya ombak dari Samudera Hindia khas pantai selatan. Jika diperhatikan dengan saksama sob, gugusan karang itu membentuk sebuah bentuk-bentuk artistik yang ajib dan ajaib. Beberapa di antaranya membentuk seperti patung Sphinx yang seperti di Mesir sob.

Rute

Sob, jelas pantai ini salah satu yang dapat sobat semua jadikan referensi wisata, apalagi kalo sudah bosan wisata di tempat situ-situ aja. Sebagai tuan rumah yang baik saya akan berikan panduan arah menuju Pantai Klayar. Jika sobat menempuh perjalanan dari Yogyakarta atau Solo menuju kota Pacitan, pintu masuk ke wilayah Pacitan dimulai dari Kecamatan Donorojo yang mana merupakan perbatasan Propinsi Jawa Timur dan Propinsi Jawa Tengah.  Lalu sobat lanjutkan perjalanan hingga Pasar Kecamatan Punung, dari sana akses untuk mengunjungi Pantai Klayar sudah banyak Informasi dan rambu-rambu, banyak kendaraan (angkutan) yang siap mengantar sobat menuju Pantai Klayar. Untuk Arah dari Surabaya, Malang dan Arah Trenggalek, silahkan menuju Kota Pacitan dan lanjutkan perjalanan  ke arah Solo atau Yogyakarta, sampai pasar kecamatan Punung. Oia sob, walaupun Pantai Klayar di Kecamatan Donorojo, rute yang paling nyaman untuk wisatawan adalah dari pasar Punung, itulah mengapa sobat lebih mudah menjangkau pantai ini lewat jalur pasar Punung.

Lain-Lain

Main ATV di Pantai Klayar

Main ATV di Pantai Klayar

Oia sob, sekarang di pantai Klayar sobat bisa menyusuri pantai naik ATV, dengan sewa yang cukup “tergantung” buat kantong sobat sekalian. Yang jelas, kalau sobat kesini dengan orang tersayang, waduh makin nikmat saja naik ATV boncengan.

About these ads

About Masbro Yayan

jalan-jalan, bagi tips, ulasan bebas, kilas jepang

Posted on Januari 4, 2012, in Catatan Jalanan and tagged , . Bookmark the permalink. 25 Komentar.

  1. Pantai Srau, ga kalah sama Klayar gan,, kalo lagi di pacitan, jangan lupa Mampir

    http://infobumi.com/pantai-srau-pacitan-mancing-dan-surfing/

  2. Destinasi menarik bagi yang suka wisata adventure, ada baiknya berkunjung kemari.. masih di paitan juga

    http://infobumi.com/luweng-ombo-goa-vertikal-di-pacitan/

  3. wah saya malah belom pernah ke sini nih

  4. nice post…memang tempat yang tak boleh terlewatkan… :)

  5. semoga aku bisa menikmati wisata ini bersama keluarga

  6. jangan lupa mampir http://pacitanonline.net forum komunitas anak pacitan, mari kita sharing dan tukar informasi.. semoga bermanfaat

  7. kukira hanya telengria dan gua gong yg terkenal di pacitan. Ternyata ada Pantai klayar…:) layak dicoba nie..

  8. kukira hanya telengria dan gua gong yang terkenal di pacitan. Pantai klayar layak dicoba juga nie… :)

  9. cie ile yayan :)))
    kelemahan e siji yan, transpportasi umum ora mendukung :)

  10. budie setyawan

    tq mas yui,kalau kangen kampungku ya lihat2 gambar kotaku pacitan ini TOP BANGET FOTO2NYA AMAZING gitu

  11. hah..itu rumahya mbahq…tiap lebaran ke situ..tp tetep saja ingin trus kesana…bnr2 baguuuuuuuuusssss

  12. waw! mantap. dulu saya ingin ke pantai pacitan tapi belum kesampaian. mudah2an ada kesempatan kesana. aamiin..
    thanks postingan info+foto2nya. kerenn

  13. kereeeen.. share info akses angkutan umum ke sana donk.. :)

    mampir blog ane juga gan. hehehe

  14. Maksih bro, telah ikut mengekspos wisata kami.

  1. Ping-balik: Goa Gong, Pesona wisata Pacitan | yuiworld

  2. Ping-balik: Goa Luweng Jaran, Goa Vertikal Sasaran Pecinta Caving | yuiworld

  3. Ping-balik: Pantai Teleng Ria Pacitan, Surga Baru Para Surfer | yuiworld

  4. Ping-balik: Pulau Sempu, Phiphi Island Aseli Malang | yuiworld

Tinggalkan Balasan sob..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 423 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: